Senin, 01 Juli 2013

Tips Memilih Makanan Ringan Aneka snack Dan Kue Kering

Tips Memilih Makanan Ringan Aneka Snack Dan Kue Kering


 Tips memilih makanan ringan aneka snack dan kue kering untuk persiapan lebaran
sangat penting sekali, Biasanya saat lebaran berbagai hidangan tersedia dari mulai makanan ringan aneka snack dan kue kering.




 Namun jangan asal beli atau memakan makanan sembarangan, apalagi di saat menjelang hari raya banyak makanan kadaluarsa terjual bebas di pasar sampai ke supermarket. Sebelum makanan masuk ke perut harus dicermati dulu kelayakannya. Banyak hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih yang akan disajikan.


Proses pembuatan makanan ringan aneka snack dan kue kering untuk persiapan lebaran, selain memerlukan bahan utama, seperti terigu, gula, mentega, margarine, telur, garam dan sebagainya, adapula bahan campuran antara lain pewarna, pemanis dan penguat rasa, serta pengawet. Ini yang menjadi perhatian buat kita semua sehingga tidak berdampak negatif pada kesehatan tubuh kita.

Nah, agar makanan yang masuk ke perut saat lebaran nanti aman dan tidak berdampak pada kesehatan tubuh kita, ada baiknya cermati dulu makanan tersebut. Jika membeli untuk keperluan di rumah, periksa produk tersebut dengan seksama, jika menerima suguhan berupa kue kering lebaran juga dilihat dulu apakah layak dikonsumsi.

Analisa Pakar Kesehatan Tentang Tips Memilih Kue Lebaran

Memilih makanan ringan aneka snack dan kue kering harus sesuai bagi kesehatan, menurut para ahli kesehatan mengenai makanan yang tidak membahayakan atau sehat tentunya dalam pengolahanya bagus, tidak mengandung atau mencampur bahan kimia yang dilarang.


 Bahan yang dilarang di antaranya zat pewarna yang sebenarnya untuk bahan tekstil. Biasanya paling banyak kue basah. Sedangkan jika menggunakan bahan yang diperbolehkan, misal pemanis buatan, jangan melampaui batas atau harus sesuai takaran.

Sekedar himbauan; sebaiknya saat membeli makanan misalnya kue kering lebaran lihat dulu kemasanya, apakah ada label sudah terdaftar, antara lain nomor MD (Makanan Dalam Negeri) atau PIRT (Produksi Industri Rumah Tangga). Kemudian, kemasannya masih bagus, dan jangan lupa cek tanggal  kadaluarsanya.

Jadi jangan hanya tergiur harga murah dalam memilih kue kering lebaran. Dampak yang ditimbulkan tidak langsung, tapi berefek tahunan, tergantung individunya. Pelan namun pasti terutama akan mengganggu fungsi ginjal dan hati. Jadi sebaiknya yang aman itu adalah makanan alami dan bersih.


Bagi anda yang meyukai makanan ringan aneka snack dan kue kering yang dibuat oleh pabrik, sebaiknya pilih produk makanan yang sudah memenuhi standarisasi oleh Badan Pemeriksa Obat dan makanan ( BPOM ), agar anda terjaga dari asupan makanan yang mengandung zat kimia berbahaya yang bisa mengacam kesehatan anda.



 Demikian tips kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan sekarang anda sudah dapat memilih makanan ringan aneka snack dan kue kering yang sehat sesuai dengan selera anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar